6 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas dan Lemot

HP Android cepat panas dan lemot – HP merupakan alat komunikasi yang setiap hari kita bawa, apalagi pandemi ini banyak digunakan dalam jam yang lama, bahaya bagi yang kerjanya online.

Dengan adanya jam yang lama, memungkinkan HP Android cepat panas dan lemot, apalagi banyak fitur maupun aplikasi yang bisa saja diunduh setiap waktu.

Jika HP Android sudah memunculkan tanda-tanda itu, maka otomatis dalam penggunaannya tidak akan maksimal.

Keperluan anda dalam betselancar di media sosial bisa terhambat, dan bagi pengguna yang banyak perlunya di HP menjadi panik akan hal tersebut.

Diperlukan cara-cara yang jitu dalam mengatasinya.

6 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas dan Lemot

6 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas dan Lemot

Berikut ini akan dipaparkan beberapa cara, diantaranya:

1. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Matikan aplikasi yang tidak digunakan, karena itu membuang-buang energi baterai di dalam HP, sehingga membuat panas dan lemot.

Diingat, bahwa aplikasi tersebut memiliki ukuran dan kapasitas yang cukup banyak, apalagi jika dilakukan penginstalan aplikasi paling banyak.

Diharapkan, kamu turunkan tingkat kecerahan dalam layar sehingga dengan itu, kamu tidak bisa memaksa baterai bekerja secara keras.

2. Lepaskan Casing HP

Bagi HP yang terlalu panas, lebih baik lepaskan casingnya agar tidak terlalu panas, dengan begitu ventilasi ponsel akan terbuka dan penggunaan bisa dirasa maksimal.

Selalui perbarui aplikasi dan software karena itu mempengaruhi hal diatas, dan pisahkan ponsel dengan gadget lain sehingga HP bisa stabil.

Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan dan hindari terkena sinar matahari secara langsung dan itu lama, agar suhu tidak panas.

3. Jangan Biarkan Memori Internal Penuh

Minimalisir penggunaan memori internal secara banyak, hal itu memicu HP untuk lemot, lebih baik difilter dulu mana file-file maupun aplikasi, fitur yang penting.

Dengan memori internal penuh, membuat HP hang dan kerjanya berat, sehingga sisakan minimal 1 GB ruang kosong untuk gerak lancarnya HP.

Jika memori internal kecil, maka bisa dicoba memakai memori eksternal (micro SD) untuk menyimpan semua file atau aplikasi yang ada.

Baca Juga : Cari Tahu Spesifikasi dan Warna Samsung A10s

4. Hapus Cache

Nah, kadang orang lupa akan hal ini dan banyak yang tidak memperhatikan ini, alias tidak tahu, dari situ muncullah sampah banyak sehingga lemot.

Sederhananya, cache adalah file sementara pada ponsel yang saat kamu browsing akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya halaman web yang kamu buka.

Bermain aplikasi, game, juga menambah besarnya cache selain aplikasi atau fitur yang lain, sehingga pintar-pintarnya kita dalam memanajemen file.

Hal ini bisa memberatkan kinerja dari RAM dan satu-satunya cara adalah dengan mengecek cache secara berkala.

5. Jangan Menggunakan banyak Widget

Jangan menggunakan banyak widget yang secara lebih atau banyak pada ponsel, bisa dilihat seperti penggunaan Live Wallpaper.

Memang, widget memperindah tampilan HP, tetapi jika terlalu banyak maka akan membuat lemot, dan pakai Widget yang penting saja sekalian yang ringan.

Kamu bisa menggunakan Wallpaper sebagai alternatif dalam tampilan HP ini, jadi tidak harus pakai Widget jika ingin tampilannya lebih bagus.

6. Jangan Melakukan Update Aplikasi secara Terus Menerus

Jika tadi memperbarui aplikasi dan fitur sangat penting agar tidak hang, maka mengupdate aplikasi secara terus ternyata tidak baik.

Jangan update aplikasi yang dirasa kapasitasnya besar, agar terhindar dari sistem kerja HP yang lemot sekaligus membuat panas.

Baru jika file atau aplikasi dirasa penting, maka diperbarui untuk kelancaran kinerja, siapa tahu itu dibutuhkan dalam pekerjaanmu.

Baca Juga : Snapdragon 888 vs Snapdragon 865 : Penjelasan dan Perbedaan

Kesimpulan

Dari 6 cara di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa jangan membuat memori internal penuh dan jangan menghabiskan energi baterai, apalagi ditaruh di bawah sinar matahari secara langsung.

Selain rusak, HP juga lemot dan panas akibat dari itu, so jaga HP kamu jika ingin tetap awet dan pastikan dirawat yah!.

Itulah ulasan tentang cara mengatasi HP Android cepat panas dan lemot, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar